Senin, 16 Mei 2011

akuntansi internasional chapter 17 (task2)

1. Bagaimana akuntansi manajemen berperan dalam proses perencanaan strategis?
Jawab :
Peran akuntansi manajemen dalam perencanaan strategis adalah proses untuk mengidentifikasi kriteria kinerja untuk memantau pencapaian terhadap kriteria dalam perencanaan strategis.

2. Dimensi utama apakah dari lingkungan internasional yang membuat sulit dalam menetapkan suatu sistem pengendalian strategis ?
Jawab :
Aspek utama dari membangun sistem penilaian kinerja yang baik adalah memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang tujuan suatu unit bisnis strategis atau anak perusahaan di luar negeri.
3. MNE’s (perusahan multinasional ) sering mentransfer sistem penilaian kinerja domestik mereka ke dalam lingkungan internasional. Mengapa? Masalah apa yang bisa mereka pecahkan dengan menggunakan sistem tersebut?
Jawab :
Perusahaan multinasional sering mentransfer penilaian kinerja mereka ke dalam lingkungan internasional karena perusahaan tersebut ingin lingkungan bisnis internasional tahu bagaimana kinerja mereka, apabila penilaian dari lingkungan internasional baik maka dengan sendirinya mereka dapat mengambil kepercayaan pasar internasional.

4. Mata uang lokal atau mata uang induk yang harus digunakan untuk evaluasi kinerja? jelaskan jawaban Anda.
Jawab :
Untuk evaluasi kinerja sebaiknya menggunakan mata uang lokal karena akun-akun yang berdenominasi dalam mata uang asing membuat para analis menghadapi dua jenis permasalahan, yaitu :
1. Berkaitan dengan kemudahan pembaca.
2. Menyangkut isi informasi..
Sebagian besar perusahaan di seluruh dunia menetapkan denominasi akun-akun keuangannya dalam mata uang domisili nasional mereka. Bagi seorang pembaca dari AS yang terbiasa dengan dolar. Analisis akun-akun yang dinyatakan dalam euro dapat menimbulkan kebingungan. Jawaban yang umum untuk mengatasinya adalah dengan mentranslasikan saldo-saldo dalam mata uang asing ke dalam mata uang domestik.
Apabila laporan yang telah ditranslasikan memberikan kemudahan bagi para pembaca dalam melihat akun-akun mata uang asing dalam suatu mata uang yang telah dikenal umum, maka dapat timbul gambaran yang sebenarnya mengalami distorsi. Secara khusus, perubahan kurs valuta asing dan prosedur akuntansi secara bersamaan sering kali menghasilkan nilai ekuivalen dalam mata uang domestik yang bertentangan dengan peristiwa yang mendasarinya.
5. Sebagian besar perusahaan menggunakan laporan yang sama untuk mengevaluasi kinerja anak perusahaan dan manajemen anak perusahaan. Apakah ada beberapa bahaya dalam melakukan hal ini?
Jawab :
Dampak dalam menggunakan laporan yang bersamaan antar evaluasai kinerja dan manajemen perusahaan akan sulit menilai kinerja manager. Oleh sebab itu sebaiknya ada pemisahan di antara kedua hal tersebut. Apabila menggunakan laporan yang sama akan sulit menilai mana manager yang baik dan manager yang kurang baik.

6. Didasarkan pada beberapa studi evaluasi kinerja, apa saja teknik yang paling banyak digunakan? apa saja beberapa kekuatan dan kelemahan dari tiga teknik atas?
Jawab :
Teknik yang paling banyak digunakan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan yaitu menggunakan EVA, ROI dan Penganggaran.
Kelebihan EVA:
1. Dengan EVA seluruh unit usaha memiliki saran laba yang sama untuk perbandingan investasi.

2. EVA memperhitungkan biaya modal atas ekuitas.

3. Dilakukannya penyesuaian terhadap biaya- biaya tertentu yang dikeluarkan

4. memiliki kolerasi positive yang lebih kuat terhadap perubahan-perubahan nilai pasar perusahaan.

5. Berorientasi pada peningkatan laba di atas biaya modal.
Kekurangan EVA:
1. Cenderung mengabaikan pengukuran non financial dan kepentingan stockholder.

2. Perhitungan EVA masih mendasar kepada laporan keuangan yuang kemungkinan dapat direkayasa pembukuannya untuk mendapat EVA yang positive.

3. Sebagai ukuran kinerja masa lampau EVA tidak mampu memprediksi dampak strategis yang kini di terapkan untuk masa depan perusahaan.

4. Sifat pengukurannya merupakan potret jangka pendek.

Kelebihan ROI:
1. Dapat mencerminkan laporan keuangan dari suatu perusahaan.

2. Mudah dihitung, mudah dipahami, dan sangat berrarti dalam arti absolute.

3. Merupakan denominator yang dapat diterapkan pada setiap unit organisasi yang bertanggung jawab terhadap laba jenis usaha.



Kelemahan ROI:
1. Pendekatan ROI memberikan insentif yang berbeda untuk infestasi di antara unit usaha.

2. ROI menyebabkan perusahaan memusatkan perhatiaannya kepada saasaran jangka pendek dengan mengorbankan sasaran jangka panjang.

3. Kolerasi ROI dengan nilai pasar suatu perusahan sangat kecil.
Kelebihan Penganggaran:
Penganggaran akan menampilakna kinerja yang sebearnya jika tingkat inflasi relative kecil atau stabil.

Kekurangan Penganggaran:
Tidak bisa diterapkan pada Negara-negara yang tingkat inflasinya tinggi.

7. Apakah persamaan dan perbedaan dalam teknik evaluasi kinerja?
Jawab :
Persamaan :
· Sama-sama mencari tingkat efektifitas kinerja perusahaan.

· Digunakan untuk mengetahui atau mengevaluasi keberhasilan suatu proyek atau investasi.

· Mengetahui keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan.

Perbedaan :
· Elemen yang digunakan untuk mengalisis metode tersebut berbeda.

· Orientasi akhir dari teknik evaluasi kinerja yang dihasilkan.


8. Mengapa SBU mulai digunakan sebagai indikator utama kinerja dalam pengaturan global, dan mengapa mereka sedang digunakan?
Jawab :
Strategic Business Unit (SBU) dipahami sebagai unit bisnis dalam identitas perusahaan secara keseluruhan yang dibedakan dari bisnis lainnya karena melayani pasar eksternal pasti dimana manajemen dapat melakukan perencanaan strategis dalam kaitannya dengan produk dan pasar. Pergeseran oleh perusahaan-perusahaan global untuk fokus unit bisnis strategis telah menghasilkan tiga kecenderungan berikut utama dalam tiga penggunaan indikator : lebih banyak penggunaan rasio, lebih banyak menggunakan arus kas, dan lebih banyak menggunakan kriteria non finansial.

9. Apakah EVA, dan bagaimana bisa digunakan dalam konteks global?
Jawab :
EVA adalah laba operasi setelah pajak dikurangi total biaya modal. EVA adalah ukuran nilai tambah atau berkurang dari nilai pemegang saham pada periode tersebut. EVA adalah tolak ukur kinerja keuangan yang berbasis nilai. EVA merupakan tolak ukur yang menggambarkan jumlah absolute dari nilai pemegang saham yang diciptakan atau dirusak pada suatu periode tertentu, biasanya 1 tahun. Pemakaian EVA sebagai ukuran kompensasi dapat menghasilkan perbaikan dalam efisiensi perusahaan dengan meningkatkan perputaran aktiva.

10. Identifikasikan beberapa aspek lingkungan internasional dan stategy global MNE yang mempengaruhi proses penganggaran!
Jawab :
Proses penganggaran dipengaruhi oleh budaya dan sikap manajemen terhadap evaluasi kinerja, harga transfer, dan lingkungan ekonomi yang tidak stabil
11. Mata uang yang harus digunakan dalam proses penganggaran, mata uang lokal atau mata uang induk. Mengapa?
Jawab :
Lebih baik menggunakan mata uang induk untuk proses penganggran dikarenakan :
1. Memungkinkan para manajer operasi untuk masuk ke dalam kontrak perlindungan nilai dengan harta perusahaan sehingga mereka mendapat "kontrak" eksposur mereka.

2. Menyesuaikan kinerja aktual unit untuk variasi nilai tukar riil setelah akhir periode.

3. Menyesuaikan rencana kinerja sesuai dengan variasi dalam nilai tukar riil.

Jika mengunakan mata uang lokal lebih mengindikasikan kegiatan operasi dilingkungan perusahaan, tetapi sangat sulit bagi manajemen perusahaan induk untuk mengerti penganggaran yang dibuat dalam berbagai mata uang.


12. Manakah dari metode untuk menetapkan anggaran dan pemantauan kinerja seperti yang dibahas oleh Lessard dan Lorange untuk menghilangkan dampak varians valuta asing? Manakah dari pendekatan-pendekatan yang akan Anda memilih untuk menggunakan dan mengapa?
Jawab :
Menurut kelompok kami, metode yang digunakan adalah metode Actual at end of Period. Karena nilai tukar pada metode ini adalah nilai tukar yang berlaku ketika anggaran dibuat dalam nilai tukar yang sebenarnya berlaku pada periode berjalan.

13. Manakah dari metode untuk menetapkan anggaran dan hasil pemantauan kinerja dalam varians valuta asing? Apa perbedaan besar dalam pendekatan-pendekatan? Pendekatan yang akan Anda memilih untuk menggunakan dan mengapa?
Jawab :
Perbedaan utama dari ketiga metode penilaian anggaran adalah pada periode waktu nilai tukar yang digunakan. Untuk memilih satu metode tergantung dari kondisi dalam suatu negara.

14. Manakah teknik penganggaran yang paling sering digunakan oleh manajemen, dan mengapa Anda berpikir bahwa mereka yang paling populer?
Jawab :
Teknik penganggaran yang paling sering digunakan adalah projected at time of budget. Karena membutuhkan perkiraan manajemen terhadap nilai tukar dalam upaya memiliki perkiraan anggaran terhadap lingkungan sebenarnya sebanyak mungkin.

15. Apakah ada perbedaan dalam pemilihan teknik dalam satu negara sebagai lawan yang lain?
Jawab :
Ada, pemilihan suatu teknik penganggaran lebih baik menyesuaikan dengan kondisi lingkungan ekonomi suatu negara, harga transfer, tingkat kestabilan nilai tukar suatu mata uang, dan lain-lain.

16. Apakah kompleksitas asing utama dalam proses penganggaran modal ?
Jawab :
1. Dalam hal penganggaran modal untuk suatu MNE, ada banyak kompleksitas:
Proyek versus arus kas arus kas induk - proyek arus kas dalam mata uang lokal, sedangkan arus kas induk melibatkan arus kas dikonversi ke mata uang antar orang tua dari arus barang dan jasa, dividen, royalti, biaya manajemen, pembayaran bunga, dan sejenisnya.

2. Negara berdampak pada pengiriman uang kepada orangtua - ini berkisar dari pajak kontrol modal pada arus kas.

3. Ragam dan kompleksitas arus kas.

4. Laju inflasi - ini mempengaruhi proyeksi arus kas.

5. Perubahan kurs yang tidak diantisipasi - asumsi aktuaria yang berbeda tentang nilai-nilai kurs dapat secara dramatis mempengaruhi perhitungan arus kas induk.

6. Politik risiko.

0 komentar:

Poskan Komentar