Kamis, 01 April 2010

Riset Akuntansi Chapter 4

1.    Jelaskan mengenai proses penelitian!
Proses penelitian adalah proses mengembagkan kerangka konsepual dan hipotesis untuk pengujian dan merancang yang didalamnya termasuk rencana penelitian aktual, lokasi penelitian, cara pengumpulan sampel pengumpulan data dan bagaimana cara penganalisisan data.
2.    Jelaskan mengenai proses pengumpulan data awal!
Proses pengumpulan data merupakan proses pengumpulan data meleui wawancara terstruktur, wawancara tidak terstruktur dan penelitian kepustakaaan untuk menolong peneliti mendefinisikan dan mengartikan masalah secara lebih spesifik dan menghasilkan teori, mencari variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi masalah.
3.    Mengapa proses mengumpulkan informasi mengenai latar belakang organisasi merupakan hal yang penting?
Proses mengumpulkan informasi mengenai latar belakang organisasi merupakan hal yang pennting terutama bagi peneliti external karena dalam latar belakang organisasi terkandung informasi yang mungkin dibutuhkan ole peneliti. Hali ini mungkin didapat melalui berbagai macam sumber yang sudah diterbitkan dan diumumkan seperti pengumuman perdagangan, catatan yang tersedia mengenai organisasi dan web.
4.    Haruskah seorang peneliti selalu mengumpulkan informasi dari aspek struktural dan karakteristik pekerjaan dari yang diwawancarainya? Berikan alasan dan contohnya!
Ya, menurut kami seoranng peneliti harus mengumpulkan informasi dari aspek struktural dan karakteristik pekerjaannya karena hal ini berguna untuk lebih memahami dan mendalami permasalahan yang sedang dihadapi sehingga hasilnya akan memberikan hasil yang semakin baik. Contohnya, apabila peneliti ingin mengetahui penyebab dari menurunnya tingkat penjualan pada suatu perusahaan maka ia perlu untuk mengumpulkan berbagai informasi dari aspek struktural seperti kebijakan-kebijakan manajemen dan filosofi perusahaan.
5.    Bagaimana kamu melakukan survey literatur di dalam area etika bisnis?
Literatur survey dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi dari informasi yang dimumkan maupun tidak diumumkan dari sumber kedua  seperti buku, jurnal, koran, majalah, disertasi dan tesis dan laporan lainnya. Dalam hubungannya dengan etika bisnis, ketika kita mennertakan pendapat dari buku atau orang lain hendaknya kita menyertakan dan menulis sumber informasi tersebut.
6.    Apaka tujuan dari survey literatur?
Tujuan dari survey litertur adalah untuk memperoleh informasi sesuai dengan topik penelitian dan untuk meyakinkan bahwa tidak ada variabel penting yang ikut berpengaruh yang terlewatkan.
7.    Mengapa memberikan pujian yang tepat penting? Apa konsekuensinya jika tidak memberikan penghargaan kepada narasumber yang diwaancarai?
Memberikan pujian yang tepat bagi narasumber merupakan hal yang penting karena dengan demikian nara sumber akan merasa dihargai dan dapat memberikan keterangan dan informasi secara lengkap dan jujur. Selain itu apabila dibutuuhkan keterangan tambahan maka nara sumber tidak akan merasa kapok untuk dimintai informasi.
8.    Tahap pendefinisian masalah lebih menentukan di dalam proses penelitian dibandingkan tahap penyelesaian masalah. Diskusikan hal tersebut!
Menurut kami tiap langkah dalam proses penelitian merupakan hal yang penting dan saling berkaitan karenanya tahap penyelesaian masalah juga sama pentingnya dengan tahap pendefinisian masalah.
9.    Mengapa seseorang memerlukan pendefinisian masalah walaupun sudah mengetahui bidang permasalahan yang dipelajari?
Pendefinisian masalah tetap perlu dilakukan walau kita sudah mengetahui bidang permasalahan yang dipelajari agar penelitian yang kita lakukan tetap fokus dan  tidak menyimpang dan tetap pada jalurnya. Pendefinisian masalah ini haruslah sesuai dengan observasi, interview dan literratur yang sebelumnya dilakukan.
10.              Masukilah perpustakaan online carilah referensi yag berkaitan dengan General Motor dan abstraknya.
General Motors Corporation (NYSE: GM), juga dikenal dengan GM, adalah sebuah produsen mobil yang bermarkas di Amerika Serikat dengan operasi di seluruh dunia termasuk Buick, Cadillac, Chevrolet, Daewoo, GMC, Holden, Hummer, Oldsmobile, Opel, Pontiac, Saturn, Saab, dan Vauxhall.
Divisi Chevrolet dan GMC memproduksi truk, dan juga kendaraan penumpang lainnya. Merek lainnya termasuk ACDelco, Allison Transmission, dan General Motors Electro-Motive Division yang memproduksi lokomotif diesel-listrik. GM juga mempunyai bagian dalam Isuzu, Subaru, dan Suzuki di Jepang dan sebuah joint venture dengan AutoVAZ (Lada) di Rusia. Pada Desember 2003, GM membeli Delta di Afrika Selatan, di mana GM telah sebelumnya mengambil 45% bagian pada 1997, dan sekarang menjadi anak perusahaan yang dimiliki penuh, General Motors Afrika Selatan. Markas GM terletak di Renaissance Center di Detroit, Michigan.
General Motors adalah produsen kendaraan terbesar di dunia dari segi penjualan tahunan dan mempekerjakan lebih dari 326.999 orang. Pada 2001, GM menjual 8,5 juta kendaraan melalui seluruh cabangnya. Pada 2002, GM menjual 15% dari seluruh kendaraan dan truk di dunia. Mereka juga memiliki Electronic Data Systems dari 1984 sampai 1996 dan, sebelum menjualnya ke News Corporation, DirecTV. GM memiliki Frigidaire dari 1918 sampai 1979.
Pada 2005, ketua umum (sejak 1 Mei 2003) dan CEO-nya (sejak 1 Juni 2000) adalah Rick Wagoner.
Diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/General_Motors
11.              Apa yang kamu ketahui mengenai gambaran produk!
      Gambaran produk merupakan pencitraan dari produk yang dihasilkan. Hal ini sangat penting           untuk dilakukan dan dijaga oleh perusahaan karena gabaran produk yang baik akan mampu    meningkatkan penjualan dan juga citra perusahaan.
12.              Berikan pernyataan mengenai budaya perusahaan dalam bidang permasalahan!
Budaya perusahaan merupakan sesuatu yang terbentuk secara alami dan otomatis. Setiap kali orang datang bersama-sama dengan tujuan bersama, budaya diciptakan. Budaya secara otomatis dibuat dari gabungan pikiran, energi, dan sikap dari orang-orang dalam kelompok.
Setiap perusahaan atau organisasi memiliki budaya perusahaan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, departemen pemasaran dan departemen produksi mungkin memiliki budaya perusahaan yang sangat berbeda yang baik dipengaruhi oleh budaya perusahaan secara keseluruhan organisasi.
Beberapa ekspresi budaya perusahaan yang mudah untuk diamati. Anda dapat melihat penyeragaman, lingkungan kerja, tunjangan, dan nama perusahaan..
13.              Setelah mempelajari dan mengambil informasi dari pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya, bagaimana peneliti dapat mengetahui referensi , artikel, dan informasi yang harusnya diberikan dalam survey literatur?
Peneliti dapat mengetahui  mengenai referensi yang diambil dengan melihat kembali permasalahan dan faktor-faktor yang terkait selama proses sebelumnya (observasi dan interview) dan kemudian mengumpulkan informasi yang sesuai dan juga menulis daftar pustakanya sebagai sumber referensi.
14.              Dari situasi dibawah ini
a.          Identifikasikan bidang permasalahan tersebut!
       Permasalahan yang sedang dihadapi oleh Perusahaan Pioneer adalah perusahaan ini memiliki      saham atau modal yang besar tetapi selalu ketinggalan dibandingkan 2 pesaingnya, yaitu            Maruti, Premier Automobiles dan Hindustan Motors.
b.         Tentukan permasalahannya!
       Permasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan Pioneer tersebut disebabkan karena quality            control yang kurang baik dari perusahaan ini, diantaranya adalah kebocoran pipa dan        kecacatan lampu utama sehingga konsumen enggan membeli mobil minivan dan pickup yang      diproduksi.
c.          Jelaskan bagaimana kamu akan memprosesnya lebih lanjut!
       Untuk lebih lanjut manajer dapat menyewa seorang peneliti untuk meneliti penyebab lain          menurunnya penjualan Perusahaan Pioneer. Apabila telah ditemukan sebaiknya manajer    menggunakan rekomendasi dari peneliti untuk mengembil langkah selanjutnya seperti            menggunakan pipa yang berkualitas baik, mengganti komponen lampu utama dan terutama   memperbaiki sistem quality controlnya.

0 komentar:

Poskan Komentar