Minggu, 28 Maret 2010

Riset Akuntansi Chapter3

1.        Sebagai manajer, jenis informasi apa yang kamu pikir akan kamu telusuri melalui internet untuk penelitian?
Jika saya sebagai manajer maka informasi yang dapat kami peroleh melalui internet adalah indikator keadaan ekonomi (seperti IHSG dan pendapatan per kapita), Informasi produk-produk terbaru dan kecenderungan pasar. Berbagai teknologi dan temuan baru yang berhubungan dengan produk dan perkiraan perencanaan harga.
2.        Mengapa Personal Computer berguna untuk organisasi?
PC dapat berguna untuk organisasi karena mampu dengan cepat, akurat, handal dan ekonomis membantu pekerjaan dan mengurangi penggunaan lembaran kertas. Manajer dapat mendapatkan informasi dari berbagai sumber di layar PC, menggunakan informasi tersebut dan mensitesis informasi tersebut untuk membuat keputusan yang dibutuhkan dengan cepat. Selain itu komputer juga menolong dalam menyalurkan kepuasan pelanggan sehingga mampu meningkatkan quality control terhadap produk.
3.        Bagaimana kamu akan menerapkan konsep penyimpanan dan pengambilan  data didalam perusahaaan yang melakukan bisnis retail?
Penyimpanan data pada bisnis retail digunakan untuk mengumpulkan semua data pada departemen yang berbeda-beda dan dapat diakses oleh banya pihak yang berkepentingan. Pada perusahaan retail biasanya digunakan untuk penyimpanan data barang-barang yang akan dijual (perusahaan retail biasanya menjual berbagai jenis barang) sehingga dapat diketahui apabila persediaan sudah tinggal sedikit sehingga dapat segera dipesan kembali.
Pengambilan data pada bisnis retail digunakan untuk menelusuri dan mencari pola atau faktur penjualan pada saat penjualan dilakukan. Pada perusahaan retail biasanya digunakan untuk menelusuri transaksi penjualan yang dilakukan apabila jumlah persediaan tidak cocok dengan penghitungan fisik, sehingga harus ditelusuri transaksi barang tersebut.
4.        Bagaimana Personal Computer membantu dalam mengumpulkan informasi dan penyebaran informasi?
PC dapat membantu dalam mengumpulkan informasi pada organisasi yang sudah besar. PC menjadi data base atau tempat penyimpanan data sentral sehingga semua data data dikumpulkan dan tersimpan dengan aman.
Selain itu PC juga dapat membantu dalam penyebaran informasi pada organisasi dengan menyediakan layanan akses data kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan berhak mengakses sehingga mempermudah pengawasan dan pengaturan dari informasi milik perusahaan, selain itu PC juga mengurangi biaya distribusi atau penyebaran informasi.
5.        Bagaimana teknologi Personal Computer dapat disalah gunakan?berikan beberapa contoh dimana hal itu dapat terjadi?
Teknologi PC dapat disalah gunakan jika :
·         Privasi setiap orang tidak diperhatikan.
Hal ini sangat penting bahwa privasi tiap-tiap individu harus dilindungi walaupun mereka adalah pelanggan, pemasok, karyawan atau yang lainnya. Dan juga kita harus menyeimbangkan informasi yang dibutuhkan oleh mereka dengan hak yang mereka miliki.
·         Informasi rahasia tidak diperhatikan.
Kita juga harus memperhatikan bahwa informasi rahasia yag terkait dengan individu-individu dilindungi dan menjamin agar tidak bocor ke pihak luar.
·         Informasi yang tidak benar didisribusikan kepada semua pihak.
Harus dijaga bahwa apabila ada informasi yang tidak benar tidak tersebar di dalam organisasi.
·         Pihak yang mengumpulkan data bagi perusahaan haruslah jujur, dapat dipercaya dan berhati-hati dalam mengumpulkan dan menyimpan data.

0 komentar:

Poskan Komentar