Kamis, 25 Maret 2010

Riset Akuntansi Chapter 1

1.      Jelaskan mengenai riset dan jelaskan perbedaan antara riset terapan dengan riset dasar?
Riset adalah suatu proses mencari dan menemukan solusi atau pemecahan masalah melewati study mendalam dan menganalisis faktor-faktor situasional yang berkaitan.
Perbedaan antara riset terapan dengan riset dasar adalah :
  • Riset terapan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang meminta penyelesaian masalah secepatnya.
  • Riset dasar digunakan untuk mambangun dan mengembangkan pengetahuan dengan mencoba memahami bagaimana masalah dapat terjadi dalam organisasi dan dapat diselesaikan.

2.      Mengapa sangat penting bagi manajer untuk mengetahui tentang riset?
Sangat penting bagi manajer untuk memiliki hubungan baik dengan peneliti karena dapat memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan yang tidak mengerti karena walau tidak melakukan penelitian sendiri, manajer dapat mengerti , memprediksi dan mengatur ha-hal yang dapat merugikan bagi perusahaan dan dapat mengetahui kondisi lingkungan perusahaannya juga.

3.      Jelaskan mengapa manajer perlu manjaga hubungan baik dengan peneliti?
Manajer perlu menjaga hubungan baik dengan peneliti karena apabila peneliti tertarik untuk meneliti perusahaan dan mengumumkannya maka hasil penelitian tersebut dapat digunakan oleh manajer untuk memperoleh informasi tanpa perlu membayarnya. Bagi peneliti pun dapat memberikan keuntungan karena bisa mendapatkan data penelitian dengan mudah, sehingga hubungan antar manajer dan peneliti menjadi semakin berarti dan menguntungkan bagi peneliti dan perusahaan.

4.      Jelaskan situasi dimana akan lebih menguntungkan untuk menggunakan jasa peneliti ekstern daripada peneliti intern?
Menggunakan jasa peneliti ekstern akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan peneliti intern ketika masalah yang dihadapi oleh perusahaan sudah sangat kompleks dan rumit (diluar kemampuan peneliti intern) sehingga membutuhkan keahlian khusus yang kemungkinan besar hanya dimiliki oleh peneliti ekstern yang sudah memiliki pengalaman dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dari berbagai sudut pandang, mereka juga dapat secara krirtis dan fokus memikirkan berbagai kemungkinan pemecahan masalah.

5.      “Riset dasar tidak dapat diterapkan langsung pada masalah, dan kurang berharga dibandingkan dengan riset terapan.” Berikan pendapat anda mengenai pernyataan ini!
Menurut saya pendapat itu salah karena dengan memahami riset dasar, kita dapat mengerti dan memahami bagaimana suatu masalah dapat terjadi dan juga manambah pengetahuan kita, sehingga kita dapat mengetahui akar permasalahan dan dapat mencegahnya di lain waktu.

6.      “Jika manajer sudah mememahami mengenai riset, tidak perlu untuk memperkerjakan orang lain untuk meneyelesaikan masalah di dalam organisasi.” Berikan pendapat anda mengenai pernyataan ini!
Menurut pendapat saya, manajer tetap perlu membentuk tim peneliti intern terutama apabila perusahaan sudah semakin besar dan berkembang. Dengan adanya tim peneliti intern, manajer dapat terbantu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang rumit dan kommpleks sehingga dapat fokus untuk mengambil keputusan yang tepat. Selain itu tim peneliti intern (biasanya disebut Research and Development Departement) dapat juga membantu memprediksi keadaan dan kendala yang mungkin dihadapi perusahaan di masa depan.

7.      Jelaskan situasi dimana peneliti akan membantu manajer untuk membuat keputusan yang baik!
Peneliti akan membantu manajer untuk membuat keputusan yang baik ketika manajer akan mengambil keputusan akhir yang sulit. Ketika menghadapi situasi seperti itu, manajer akan mempertimbangkan hasil penelitian atau rekomendasi tim peneliti, dan dengan mempertahankan tujuan perusahaan, berfokus pada penyelesaian masalah dan memahami rekomendasi yang telah dibuat maka manajer akan mampu mengambil keputusan dengan tepat. Hasil rekomendasi tim peneliti akan meningkatkan kemampuan dan sensitivitas manajer dalam mengambil keputusan.  

8.      Diskusikanlah beberapa situasi berikut :
a.             Diskusikan beserta alasannya, kapan situasi tersebut masuk ke dalam kategori riset terapan atau riset dasar!
Menurut kelompok kami hal tersebut masuk ke dalam bidang riset terapan karena digunakan untuk menjawab dan meneliti masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan, yaitu untuk mengetahui apakah sebaiknya perusahaan Gencore Industries melakukan akuisisi atau tidak.
b.            Siapa yang akan mengadakan penelitian?
Yang sebaiknya melakukan penelitian menurut kelompok kami adalah peneliti eksternal karena mereka lebih berpengalaman dalam melakukan penilitian, apalagi dalam kasus ini melibatkan perusahaan lain yang kemungkinan akan diakuisisi. Peneliti eksternal memiliki pengetahuan lebih karena sudah menangani perusahaan yang berbeda-beda dan kemungkinan dapat melihat kesempatan dan resiko yang ada.

0 komentar:

Poskan Komentar