Rabu, 24 Maret 2010

Hidup Ini Bagaikan Siklus Akuntansi

         
Hidup seorang anak manusia itu seperti siklus akuntansi. Untuk menjadi informasi yang berguna, transaksi biasa harus melewati berbagai tahap hingga akhirnya menjadi laporan keuangan. Begitu juga hidup manusia yang penuh dengan banyak sekali proses pendewasaan. Proses tersebut bukan saja berisi hal-hal yang menyenangkan, tetapi juga hal-hal yang menyedihkan dan berliku tajam. Tetapi hal itulah yang menjadikan hidup lebih hidup. Siklus akuntansi mengubah transaksi biasa menjadi informasi yang sangat berharga bagi banyak pihak. Begitupun manusia, ia harus melewati berbagai tahap dalam hidupnya sebelum menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana.

Proses penjurnalan merupakan proses pencatatan transaksi dalam buku jurnal. Begitu juga manusia harus mencatatkan semua perbuatan baiknya di dunia, jangan sampai perbuatan-perbuatan buruk yang tercatat dan dikenang banyak orang. Proses posting ke buku besar menunjukkan bahwa manusia harus mengumpulkan semua perbuatan baik dan mempersembahkannya kepada Yang Maha Kuasa. Terkadang manusia juga membutuhkan bantuan dari teman-teman sekitarnya seperti juga buku besar pembantu yang membantu memberikan informasi tambahan kepada buku besar. Ketika menyusun kertas kerja, dibutuhkan suatu proses peringkasan, hendaknya manusia juga menjaladi pribadi yang simple dan rendah hati. Jurnal penyesuaian mengajarkan bahwa terkadang manusia perlu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya dan menjadi menjadi pribadi yang terbuka. Laporan keuangan yang akhirnya terbentuk tentunya sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, sama seperti manusia yang tentunya ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Akhirnya manusia juga akan mati dan menuttup kisahnya sama seperti jurnal penutup sehingga mulai sekarang kita harus berbuat yag terbaik sebelum tutup usia kita nanti.

Siklus akuntansi memberikan gambaran mengenai hidup kita, dan hendaknya kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari hal tersebut.  Sayang sekali kalau kita hanya menjalani hidup ini dengan sia-sia dan tanpa tujuan, oleh karena itu marilah kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan berguna.

                                                                        Jimmy Januar Iqnatius / 3EB11 / 20207607

0 komentar:

Poskan Komentar