Minggu, 28 Maret 2010

Riset Akuntansi Chapter2

1.      Jelaskan mengenai ciri atau tanda penelitian!
Ciri-ciri penelitian :
a)      Bertujuan, manajer harus memulai penelitian dengan menetapkan tujuan dari penelitian.
b)      Tetap, ketetapan yang dimaksudkan adalah berhati-hati, cermat dan tepat dalam melakukan penelitian.
c)      Dapat diuji, hasil dari penelitian harus dapat diuji kebenaranya.
d)      Mencerminkan kebenaran dari populasi.
e)      Ketelitian dan kepercayaan, ketelitian maksudnya seberapa dekat hasil penelitian mendekati kenyataan dan kepercayaan maksudnya kemungkinan bahwa estimasi kita adalah benar.
f)        Objektivitas, kesimpulan yang kita tarik dari penelitian menggambarkan data secara objektif dan berdasarkan fakta.
g)      Geralisasi, maksudnya adalah hasil penelitian dari suatu organisasi dapat diterapkan pula pada organisasi lainnya.
h)      Hemat. 
2.      Sebutkan langkah-langkah hipotesis riset secara deduktif! Jelaskan  dengan menggunakan contoh yang bukan dari buku!
a)      Observasi
Contoh ; Apabila seorang manajer merasakan perubahan pada jumlah penjualan hasil produksinya yang kian menurun dan mulai merasakan tingkat daya beli masyarakat semakin menurun.
b)      Pengumpulan informasi.
Contoh : Melihat keadaan tersebut manajer kemudian mengumpulkan berbagai informasi   yang terkait dan dibutuhkan seperti penyebab kenapa daya beli masyarakat menurun, dan penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap produk seperti kualitas produk, kemasan, dan juga factor pesaing.
c)      Formulasi teori
Contoh : Manajer mengintegrasikan semua informasi sesuai dengan logika sehigga semua alas an dan penyebab masalah dapat dikonsepkan dan kemudian dapat kita uji.
d)      Membuat hipotesis.
Contoh : Setelah berusaha memahami mengenai permasalahan yang dihadapi, manajer kemudian dapat membuat hipotesis atau dugaan awal sesuai dengan data yang berhasil dikumpulkan oleh manajer, misalnya penurunan penjualan perusahaan disebabkan oleh kualitas produk yang kurang baik.
e)      Pengumpulan data lebih lanjut.
Contoh : Setelah menyusun hipotesis awal, maka manajer perlu megumpulkan data lebih lanjut untuk mendukung penelitian lebih lanjut, seperti mengumpulkan bukti-bukti dan laporan mengenai mutu dan kualitas produk yang dia hasilkan dan juga mengumpulkan laporan penjualan.
f)        Analisis data.
Contoh ; Dalam langkah ini manajer mengumpulkan data dan menganalisis secara statistika untuk mengambil hipotesis yang mendukung. Contohnya apabila seorang manajer ingin mengetahui apakah persediaan mempengaruhi kepuasan konsumen, maka ia dapat melakukan pengujian korelasi dan determinasi untuk mengetahui hubungan dan pengaruh diantara kedua faktor tersebut.
g)      Deduksi.
Deduksi adalah proses pengambilan kesimpulan dengan mamperhatikan hasil pengolahan dan penganalisisan data. Contohnya apabila dari suatu pengolahan data secara anova kita mendapatkan hasil p value lebih dari 0,05 maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa persediaan tidak mempengaruhi kepuasan konsumen.

3.      Ketika mendengar kata-kata penelitian dari bermacam-macam kelompok, termasuk organisasi peneliti, profesor di universitas, mahasiswa setingkat doktor, mahasiswa yang telah lulus dan juga yang belum lulus dan sedang menyusun skripsi, departemen penelitian di industri, reporter koran, jurnalis, pengacara, dokter dan profesi profesional atau tidak profesional lainnya. Dari yang telah anda baca, yang mana dari kelompok yang telah disebutkan yang kamu pikir dapat melakukan investigasi ilmiah di dalam area riset dasar dan riset terapan? Kenapa?
Menurut kelompok kami yag seharusya melakukan investigasi ilmiah dalam riset terapan adalah seorang peneliti yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya karena dibutuhkan kemampua yang baik, pengalaman yang cukup dan tingkat kesalahan seminimal mungkin dalam riset terapan. Apabila hasil riset terapan melenceng atau salah, maka dapat mengganggu stabilitas perusahaan seperti mengalami rugi atau terancam bangkrut.
Sedangkan utuk riset dasar, dapat dilakukan oleh siapa saja, karena sifatnya untuk membangun ilmu pengetahuan.

4.      Jelaskan proses dari deduksi dan induksi, berikan masing-masing contohnya!
Induksi adalah suatu proses dimana kita mengamati beberapa fenomena dan mengambil kesimpulan berdasarkan hal tersebut. Misalnya apabila kita memanaskan besi maka akan  memuai, kemudian kita memanaskan tembaga maka juga kan memuai, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa logam jika dipanaskan maka akn memuai. 
Deduksi adalah proses pengambilan kesimpulan bersifat generalisasi berdasarkan hal-hal atau fakta yang ada. Misalnya berdasarkan teori bahwa setiap logam apabila dipanaskan akan memuai, maka ketika kita melihat timah, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa timah jika dipanaskan akan memuai karena timah juga merupakan logam.

5.      Jika  peneliti di dalam area manajemen tidak dapat 100 persen ilmiah, mengapa perlu untuk melakukan itu? Berikan pendapat anda?
Kita tetap perlu melakukan penelitian ilmiah karena walau penelitian ilmiah tidak bebas 100% dari kesalahan, tetapi kita dapat mendapatkan mengembangkan pengetahuan dalam menghadapi berbagai masalah terutama bagi manajer. Hasil dari penelitian ilmiah dapat digunakan sebagai referensi dalam pengambilan keputusan.

6.      Diskusikanlah mengenai penelitian berikut yang dilakukan di industri jasa untuk memperluas yang berkaitan dengan ciri atau tanda investigasi ilmiah!
Penelitian pada Perusaaan Telepon Friedly sudah memenuhi beberapa  ciri atau tanda investigasi ilmiah seperti mengumpulkan data dari sampel 100 pelangga dan kemudian menganalisis data. Tetapi tingkat keasalahan yag dibuat dari penelitian ini masih cukup besar, yaitu sebesar 15%. Sebaiknya peneliti lebih memperkecil lagi tingat kesalahan, salah satu cara untuk memperkecil tingkat kesalahan adlah dengan menambah jumlah sampel penelitian.

0 komentar:

Poskan Komentar