Sabtu, 17 April 2010

Chapter 8

1.    Apa yang dimaksud dengan definisi operasional dan mengapa itu dibutuhkan?
Definisi operasional menjelaskan sebuah konsep yang melibatkan beberapa tahap atau langkah yang membuat sesuatu menjadi terukur. Contohnya apabila kita ingin mengukur motivasi, maka kita dapat menggunakan beberapa ukuran seperti penghargaan dan pencapaian dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

2.    Secara operasional tentukanhal berikut ini :
a.     Godaan atau pelecehan sexual.
Untuk menentukan tingkatan godaan sexual biasanya dengan menanyakan kepada orangnya seperti hal yang dia rasakan mengenai gangguan sexual yang dia rasakan. Hal ini juga dapat diketahui dengan menggunakan tipe skala interval mengenai yang dia rasakan.
Contoh kuesioner :
1 Sangat setuju           2 Setuju           3 Biasa             4 Tidak Setuju
5 Sangat tidak setuju
1.      Saya merasakan pelecehan atau godaan seksual         1          2          3          4          5
2.      Saya terganggu dengan pelecehan seksual tersebut    1          2          3          4          5

b.    Lingkungan yang positif
Untuk menentukan tingkat lingkungan yanng positif dapat dilihat dengan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh para penggunanya. Dapat dilihat dari opini para penggunanya dengan menggunakan kuesioner tipe skala interval.
Contoh kuesioner :
 1 Sangat setuju          2 Setuju           3 Biasa             4 Tidak Setuju
5 Sangat tidak setuju
1.      Lingkungan saya merupakan lingkungan yang baik 1          2          3          4          5
2.      Saya merasa nyaman dengan lingkungan saya          1          2          3          4          5

c.     Sukses karier
Untuk menentukan tingkat kesuksesan karir yang telah dicapai dapat dilihat dari tingkat kepuasan yang dirasakan oleh orang tersebut dengan melakukan wawancara dan kuesioner dengan tipe interval. Selain itu dapat pula dilihat dari tingkat pencapaian seperti jabatan atau juga penghargaan yang telah didapat.

3.    Jelaskan mengenai 4 tipe skala!
·        Skala Nominal adalah salah satu skala yang dipakai oleh para peneliti untuk menyusun objek-objek tertentu menjadi sebuah kategori/group. Skala nominal mengklasifikasikan object yang saling berhubungan ke dalam sebuah group yang khusus. Informasi yang telah dihasilkan dari skala nominal akan memncerminkan persentasenya. Jadi, skala nominal memberikan beberapa informasi utama yang menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya.
·        Skala ordinal ( skala bilangan ) bukanlah skala yang mengkategorikan variabel, tetapi lebih kepada perbedaan-perbedaan diantara beberapa kategori. Skala ordinal juga mengurutkan kategori-kategori dalam beberapa kriteria. Dengan skala ordinal, adanya variabel yang dikategorikan akan disusun ke dalam beberapa pilihan. Pilihannya akan diurutkan seperti dari yang terbaik sampai yang terburuk. Dapat kita ketahui bahwa skala ordinal memberikan informasi lebih daripada skala nominal. Tetapi bagaimanapun juga, skala ordinal tidak memberikan indicator yang signifikan dalam peringkat-peringkat tersebut. Meski kita akan tahu macam-macam perbedaan dalam urutan tersebut, kita tidak akan tahu perbedaan yang paling penting diantara semua klasifikasi tersebut.
·        Skala interval menuntun kita untuk melakukan operasi aritmatikal pada data yang telah dikumpulkan dari responden. Mengingat skala nominal hanya menyediakan perbedaan kualitas group dengan mengkualifikasikan mereka ke dalam hubungan-hubungan yang khusus lalu mengumpulkan hal-hal yang sama di bidangnya dan skala ordinal yang menyusun tingkatan-tingkatan dalam pilihannya, skala interval menuntun kita untuk mengukur jarak diantara dua objek atau poin pada skala. Ini membantu kita untuk memperhitungkan titik tengah dan simpangan baku pada faktor variabelnya/faktor tak tetap. Dalam istilah lain, interval bukan hanya kelompok individual sesuai dengan kategorinya tetapi juga memberi golongan pada group, tetapi juga mengukur seberapa penting perbedaan itu dalam pilihan-pilihan diantara individual tersebut dan juga memberi persamaan yang mendasar dari perbedaan-perbedaan tersebut. Dengan demikian, kurva internal lebih baik dibandingkan dengan skala ordinal. Kurva ini telah digunakan untuk mengukur kecenderungan utama, rata-rata aritmatika, besar sebaran dalam sebuah area, simpangan baku, & variansinya.
·        Skala rasio menutupi kekurangan dari skala interval, dimana skala ini memiliki maksud/poin  yang mutlak (tidak berubah-ubah) sehingga poinnya menjadi terukur. Jadi, skala rasio tidak hanya mengukur perbedaan yang mendasar diantara poin-poin dalam skala, tetapi juga memberi proporsi di dalam perbedaan-perbedaannya. Skala ini lebih akurat dari skala-skala yang lainnya karena mempunyai penetapan sumber-sumber poin yang khas (sumber yang tidak berubah-ubah) & menggolongkan semua sifat-sifat dari tiga skala sebelumnya.

4.    Mengapa skala interval lebih baik daripada skala nominal dan skala ordinal?
Skala interval lebih baik karena skala interval mampu menyediakan dan membantu kita untuk mengukur jarak antara dua objek atau poin pada skala sehingga dapat membantu kita untuk memperhitungkan rata-rata dan simpangan baku pada faktor variabelnya/faktor tak tetap. Dalam istilah lain, interval bukan hanya kelompok individual sesuai dengan kategorinya tetapi juga memberi golongan pada group, tetapi juga mengukur seberapa penting perbedaan itu dalam pilihan-pilihan diantara individual tersebut dan juga memberi persamaan yang mendasar dari perbedaan-perbedaan tersebut. Sedangkan skala nominal dan ordinal tidak mampu memberikan informasi sampai sepert skala interval.

5.    Mengapa skala rasio dikatakan sebagai yang paling kuat diantara 4 skala tersebut?
Skala rasio dikatakan yang paling kuat dan baik diantara 4 skala tersebut karena skala ini memiliki asal yang unik (bukannya asal yang berubah-berubah) dan menggabungkan sifat ketiga skala yang lainnya. Selain itu, skala ini memiliki maksud/poin  yang mutlak (tidak berubah-ubah) sehingga poinnya menjadi terukur. Jadi, skala rasio tidak hanya mengukur perbedaan yang mendasar diantara poin-poin dalam skala, tetapi juga memberi proporsi di dalam perbedaan-perbedaannya. Skala ini lebih akurat dari skala-skala yang lainnya karena mempunyai penetapan sumber-sumber poin yang khas (sumber yang tidak berubah-ubah) & menggolongkan semua sifat-sifat dari tiga skala sebelumnya.



originally created by Jimmy Januar I. 



0 komentar:

Poskan Komentar