Sabtu, 17 April 2010

Chapter 6

1.   1.  Apa permasalahan dalam perencanaan penelitian dasar?
Permasalahan yang timbul dalam perencanaan penelitian dasar yaitu :
·      Permasalahan yang berkaitan dengan tujuan dari penelitian (eksploratori, deskriptif dan pengujainn hipotesis).
·      Dimana penelitian akan dilaksanakan (perencanaan peneltian).
·      Tipe penelitian yang akan dilakukan (tipe investigasi).
·      Luas peneitian yang akan dilaksanakan (luas dari interferensi peneliti)
·      Waktu penelitian
·      Level data yang akan dianalisis (unit analisis)

2.   2. Mengapa permasalahan dalam perencanaan dasar penting untuk disadari sebelum melakukan penelitian dan perlu secepatnya dicari ketika memformulasikan pertanyaan dari penelitian?
Permasalahan dalam perencanaan dasar perlu untuk diketahui sebelum melakukan penelitian karena permasalahan tersebut merupakan hal yang sangat penting dan kritis. Luas dari penelitian tergantung dari manajer atau peneliti dalam memilih perencanaan alternatif yang dibutuhkan. Dengan menentukan permasalahan dalam penelitian peneliti atau manajer dapat   dengan yakin bahwa penelitian yang dilakukan memiliki presisi atau ketelitian dan dilakukan dengan kepercayaan yang tinggi.

3.  3. Apakah study lapangan sepenuhnya menjawab pertanyaan jika seseorang mencoba untuk menemukan hubungan sebab dan akibatnya?
Menurut kelompok kami study lapangan belum dapat menjawab seluruh pertanyaan mengenai hubungan sebab dan akibat, karena dibutuhkan juga eksperimen lapangan dan eksperimen lab untuk mendapatkan hasil yang akurat  dan lengkap mengenai hubungan, hubungan sebab dan akibat dan juga hubungan jkausal dengan lingkungan tiruan untuk mengetahui penyebab utamanya dan efek dari hubungannya.

4.      4. Sebuah study eksploratory sama bergunanya seperti study prediktif.Diskusikan pernyataan ini!
Menurut saya, study eksploratory dapat dikatakan juga sebagai study prediktif karena study eksploratori dilakukan apabila kita tidak banyak mengetahui mengenai situasi atau ketika tidak ada informasi yang tersedia untuk lebih memahami latar belakang dari masalah.Tetapi dlam memprediksi permasalahan, kita tidak hanya asal menduga karena dalam study eksploratory  juga diperlukan pengumpulan data yang intensif melalui observasi dan wawancara yag mendalam.

5.      5. Mengapa unit analisis merupakan bagian dari perencanaan penelitian?
Unit analisis merupakan bagian dari perencanaan penelitian karena unit analisis menjelaskan mengenai tingkat kesatuan data yang telah dikumpulkan setelah tahap analisis data. Unit analisis ini dapat berupa indivudual, sekelompok orang (bukan grup), grup, divisi, industri atau negara. Hal ini berkaitan dengan hal apa yang akan kita teliti, seperti jika kita ingin mengetahui bagaimana meningkatkan tingkat motivasi dari para pegawai secara umum maka kita dapat mengambil sebagai sampel pegawai dari suatu perusahaan.

6.  6. Diskusikan hubungan dalam antara setting tidak terstruktur, tujuan pembelajaran, tipe investigasi, interferensi peneliti dan waktu pembelajaran.
Hubungan antara latar pemikiran, tujuan pembelajaran, tipe investigasi, interferensi peneliti, dan waktu pembelajaran adalah jika latar pemikiran telah diketahui, maka tipe investigasi dapat ditetapkan sehingga peneliti dapat bertindak dengan tepat dalam proses penelitiannya, serta mampu menggunakan waktu yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.

7.   7. Berikut ini terdapat dua skenario. Indikasikan bagaimana peneliti harus memproses dalam setiap kasus, jelaskan dan berikan alasannya :
a.       Tujuan penelitian.
b.      Tipe investigasi.
c.       Interferensi dari peneliti.
d.      Persiapan pembelajaran.
e.       Waktu pemebelajaran.
f.        Unit analisis.
Skenario A
Nyonya Joyce Lynn, pemilik dari bisnis kecil (butik pakaian wanita) mengundang seorang konsultan untuk memberitahunya bagaimana bisnisnya berbeda dengan bisnis kecil yang sejenis dalam radius 60 mil, dengan menggunakan yang paling modern koputer teknologi, volume penjualan, keuntungan dan staff.
a)       Tujuan Pembelajaran          : deskripsi
b)      Tipe investigasi                   : korelasi
c)       Campur  tangan peneliti     : maksimal
d)      Latar pembelajaran             : lab eksperimen
e)       Waktu pembelajaran           : longitudinal
f)       Unit analisis                       : groups
 
Skenario B
Tuan Paul Hodge, pemilik dari beberapa restoran di pantai timur, tertarik dengann perbedaan yang lebar pada keuntungan mereka. Dia ingin mencoba beberapa rencana insentif untuk meningkatkan tingkat efisiensi dari beberapa restoran yang tertinggal. Tetapi sebelum dia melakukannya, dia ingin meyakinkan bahwa idenya akan berhasil. Dia bertanya kepada peneliti untuk menolong dia dalam masalah ini.
a)       Tujuan Pembelajaran          : uji hipotesis
b)      Tipe investigasi                   : korelasi
c)       Campur  tangan peneliti     : mendekati maksimal
d)      Latar pembelajaran             : studi lapangan
e)       Waktu pembelajaran           : cross sectional
f)       Unit analisis                       : industri


Originally created by Jimmy Januar I.

0 komentar:

Poskan Komentar