Jumat, 15 April 2011

Akuntansi internasional

Chapter 4

1. Tingkat melek huruf cukup berpengaruh trhadap perkembangan akuntansi di keempat negara yaitu Cina, Republik Ceko, Taiwan, dan Meksiko. Orang yang melek huruf tentu lebih cerdas dan lebih bisa memahami perhitungan uang. Selanjutnya akan berpengaruh ke dalam tingkat pemahaman di bidang akuntansi. Negara Cina yang berpenduduk terbanyak di dunia, walaupun tingkat melek hurufnya 85 persen,tetapi jumlah nyata dari keseluruhan 85 persen itu tentunya sangat besar bila dibandingkan dengan jumlah melek huruf di tuga negara lainnya. Oleh karena itu sangat wajar bila perkembangan akuntansi di Cina maju pesat. Begitu juga dengan ketiga negara lainnya yang memiliki angka melek huruf diatas sembilan puluh persen. Bisa disimpulkan bahwa angka yang tinggi tersebut merefleksikan tingkat kecerdasan masyarakatnya.

2. Pola pencatatan saham yang dapat diamati adalah Pola Grafik Bendera (High & Tigh Flag).

3. Perbedaan antara prinsip akuntansi Taiwan dengan IAS/IFRS yang masih ada juga akan diidentifikasikan sehingga prinsip-prinsip Taiwan akan direvisi agar sesuai dengan IAS/IFRS. Sedangkan kemiripannya adalah standar akuntansi & auditing didasarkan pada ketentuan nasional dengan referensi terhadap GAAP AS & IAS/IFRS.

4. Ya, penentuan perkembangan akuntansi mengikuti pembangunan ekonomi sebuah negara. Contohnya pada perekonomian Cina saat ini. Reformasi akuntansi yang dilakukan akhir-akhir ini mencakup privatisasi, termasuk pengalihan Perusahaan Milik Negara menjadi Perusahaan Perseroan yang mengeluarkan saham. Aturan akuntansi yang baru telah dikembangkan bagi perusahaan-perusahaan yang baru diprivatisasikan dan perusahaan-perusahaan independen dengan kewajiban terbatas, serta Badan Usaha Milik Asing seperti perusahaan patungan. Maka standar akuntansi diperlukan untuk mencerminkan kenyataan yang baru ini.

5. Persamaan pendekatannya adalah baik negara Cina maupun Republik Ceko sama-sama lebih menekankan untuk pendekatan privatisasi usaha. Perbedaannya pemerintah Republik Ceko lebih menekankan untuk pengaturan hukum untuk kepentingan standar akuntansi, sedangkan pemerintah Cina lebih menekankan untuk tidak ikut campur dalam ekonomi mikro, jadinya hanya ikut berperan di dalam ekonomi makro.

6. Pengembalian Hong Kong memengaruhi standar akuntansi Cina dengan cara dapat membantu pemerintah Cina dalam pertumbuhan ekspornya dan memperluas jangkauan sistem akuntansi yang telah dibuat.

7. Ciri-ciri penting pelaporan akuntansi dan keuangan yang diperlukan untuk mengembangakan pasar saham yang efisien dengan perdagangan yang wajar:
• Understandability atau mudah dimengerti
• Reliability atau keandalan
• Comparability atau bersifat omparatif
• Relevance atau relevansi
• True and Fair View/Fair Presentation atau Benar dan Dinilai Dengan Adil / Presentasi yang Adil
Kemungkinan bagi negara Cina, Republik Ceko, Taiwan, dan Meksiko untuk mengembangkan pasar saham seperti ini terbuka sebesar-besarnya. Karena keempat negara memiliki potensi yang cukup baik untuk memenuhi standar-standar yang dibutuhkan.

8. Peranan aturan hukum terhadap praktik akuntansi keuangan dalam masing-masing negara.
• Republik Ceko: hukum komersial peranannya mencakup ketentuan terhadap laporan keuangan tahunan, pajak penghasilan, audit dan rapat pemegang saham, serta secara khusus menegaskan menggunakan daftar akun yang digunakan untuk pembuatan catatan dan penyusunan laporan keuangan.
• Cina: hukum tersebut menjelaskan prinsip-prinsip umum akuntansi dan mendefinisikan peranan pemerintah & masalah-masalah yang memerlukan prosedur akuntansi.
• Taiwan: mengatur catatan akuntansi dan laporan keuangan di Taiwan serta menetapkan catatan akuntansi harus disimpan, dan mengatur bentuk provisi dasar laporan keuangan, catatan, dan pengungkapan lainnya.
• Meksiko: berisi ketentuan-ketentuan mengenai pembuatan ringkasan catatan akuntansi tertentu dan penyusunan laporan keuangan.

9. Bukti bahwa akuntansi Republik Ceko sama dengan Uni Eropa adalah bahwa akuntansi di Republik Ceko telah berubah arah selama beberapa kali pada abad ke-20 yang mencerminkan sejarah politiknya. Hingga akhir Perang Dunia II, praktek dan prinsip akuntansi mencerminkan praktek dan prinsip akuntansi yang dianut Negara-negara Eropa yang berbahasa Jerman. Kemudian, praktik akuntansi didasarkan pada model Soviet dimana daftar akun seragam, metode akuntansi detail, dan laporan keuangan seragam yang wajib dibuat oleh seluruh perusahaan. Setelah tahun 1989, Ceko bergerak dengan cepat menuju perekonomian berorientasi pasar.
Akuntansi di Ceko dipengaruhi oleh Hukum Komersial, Undang-undang Akuntansi, dan keputusan Kementrian Keuangan. Bursa efek memiliki pengaruh yang kecil dan meskipun Hukum Komersial berasal dari Jerman, peraturan pajak tidak berpengaruh secara langsung. Penyajian benar dan wajar yang diatur dalam Undang-undang Akuntansi dan diambil dari Direktif UE diinterpretasikan dengan maksud bahwa akun pajak dan akun keuangan diperlakukan secara beda. Undang-undang auditor disahkan pada tahun 1998. Suatu audit atas laporan keuangan diwajibkan untuk seluruh perusahaan perseroan dan perusahaan dengan kewajiban terbatas yang besar.

10. Contoh yang menunjukkan bahwa standar akuntansi cina konsisten dengan praktik kelas dunia adalah dibentuknya Standar Akuntansi untuk Perusahaan Bisnis (Accounting Standards for Business Enterprises – ASBE) oleh Kementrian Keuangan pada tahun 1992 untuk mengharmonisasikan praktik domestik dan mengharmonisasikan praktik di Cina dengan praktik Internasional.

11. Bukti bahwa praktik akuntansi di Taiwan juga sama dengan di Amerika Serikat adalah bahwa Komite Standar Auditing di Taiwan mengeluarkan standar auditing dengan menggunakan prosedur yang sama dengan FASC (Financial Accounting Standards Committee) dari Lembaga Pengembangan dan Penelitian Akuntansi (Accounting Research and Development Foundation – ARDF), yang dibentuk menurut Lembaga Akuntansi Keuangan di Amerika Serikat. Standar akuntansi dan auditing didasarkan pada ketentuan nasional dengan referansi terhadap GAAP Amerika Serikat dan IAS/IFRS.

12. Pos rekonsiliasi yang paling signifikan adalah Pos Saham yang Digunakan Dalam GAAP & Non-GAAP Terdilusi-Laba Bersih per Saham Perhitungan.


Jawaban Latihan
1. Jawaban poin a &b :
Cina: Lembaga pembuat standar akuntansi nasionalnya yaitu Kementrian Keuangan yang diawasi Dewan Negara. Yang bertugas melakukan pengawasan dan penegakan aturan standar akuntansi keuangan yaitu Komite Standar Akuntansi Cina (China Accounting Standards Committee – CASC).
Taiwan: Lembaga pembuat standar akuntansi nasionalnya yaitu Komite Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standards Committee – FASC). Yang bertugas melakukan pengawasan dan penegakan aturan standar akuntansi keuangan yaitu ARDF (Accounting Research and Development Foundation).
Meksiko: Lembaga pembuat standar akuntansi nasionalnya yaitu Institut Akuntan Publik Meksiko (Instituto Mexicano de Contadores Publicos). Yang bertugas melakukan pengawasan dan penegakan aturan standar akuntansi keuangan yaitu standar akuntansi yang dikembangkan oleh Komisi Prinsip Akuntansi dibawah institusi tersebut, sedangakan standar auditing merupakan tanggung jawab Komisi

Prosedur dan Standar Auditing.
Republik Ceko: Lembaga pembuat standar akuntansi nasionalnya yaitu Kementrian Keuangan. Yang bertugas melakukan pengawasan dan penegakan aturan standar akuntansi keuangan yaitu Kementrian Keuangan juga.

2. Organisasi-organisasi yang dibahas dalam bab ini yang ada di situs Web IFAC:
• IAESB (International Accounting Education Standards Board)
• IAASB (International Auditing and Assurance Standards Board)
• IESBA (International Ethics Standards Board for Accountants)
• IPSASB (International Public Sector Accounting Standards Board)

3. Jawaban poin a & b:
-Bursa Efek Praha (Prague Stock Exchange): Prague Stock Exchange atau PSE (Ceko: Burza cenných papírů Praha, atau BCPP) adalah efek pasar utama Republik Ceko dan saat ini (per September 2005) terbesar kedua di bursa Eropa Tengah dan Timur. Meskipun pertukaran pertama Praha dibuka pada 1861, PSE sekarang didirikan pada tanggal 24 November 1992, dan perdagangan dimulai pada tanggal 6 April 1993.
-Perekonomian Hibrid (campuran): Perekonomian Hibrid adalah setiap jenis lokal, negara, atau sistem ekonomi nasional yang melibatkan fokus kurang lebih sama pada dua jenis ekonomi. Ekonomi hibrid ini atau dual adalah struktur yang relatif umum yang telah digunakan dalam berbagai pengaturan sepanjang sejarah umat manusia. Beberapa contoh ekonomi hibrid mungkin termasuk ekonomi berbasis militer-industri, ekonomi industri berbasis universitas, atau hibrid ekonomi terutama didasarkan pada campuran bisnis dan pemerintah.
-FARR: Financial Accounting and reporting Rules for Enterprises, atau Aturan Pelapora dan Akuntansi Keuangan bagi Perusahaan di Cina. Berfokus pada pencatatan buku, penyusunan laporan keuangan, pelaporan praktik, dan masalah-masalah akuntansi keuangan dan pelaporan lainnya.
-CASC: China Accounting Standards Committee, atau Komite Standar Akuntansi Cina. Didirikan pada tahun 1998 sebagai badan berwenang di bawah Kementrian Keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi.
-ASBE: Accounting Standards for Business Enterprises, atau Standar Akuntansi Untuk Perusahaan Bisnis di Cina. Suatu kerangka dasar konseptual yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar akuntansi yang baru.
-CSRC: China Securities Regulatory Commission, atau Komisi Pengatur Pasar Modal Cina.Mengatur dua bursa efek di Cina, yaitu Shanghai yang dibuka pada tahun 1990 dan Shenzhen yang dibuka pada tahun 1991.
-FASC: Financial Accounting Standards Committee, atau Komite Standar Akuntansi Keuangan yang ada di Taiwan. Didirikan pada tahun 1984, mengikuti proses pemeriksaan (due process) yang sama dengan FASC AS.
-ARDF: Accounting Research and development Foundation, atau Lembaga Pengembangan dan Penelitian Akuntansi di Taiwan. Didirikan pada tahun 1984 untuk meningkatkan level studi akuntansi, memajukan perkembangan standar akuntansi dan auditing, dan membantu perusahaan industri dan komersial untuk memperbaiki sistem akuntansinya.

4. Jawaban poin a & b:
• Republik Ceko: prinsip akuntansi yang penting dan berbeda dari norma internasional adalah praktik akuntansi yang didasarkan pada model Soviet. Alasannya karena Kebutuhan administrasi berbagai lembaga pemerintah pusat dipenuhi melalui karakteristik seperti daftar akun yang seragam, metode akuntansi yang detail dan laporan keuangan seragam, yang wajib dibuat oleh seluruh perusahaan. Fokus pada produksidan perhitungan biaya berdasarkan biaya historis ditekankan untuk pelaporan eksternal. Sistem akuntansi keuangan dan biaya yang terpadu menggunaka prinsip penetapan harga yang sama dan prinsip lainnya.
• Cina: prinsip akuntansi yang penting dan berbeda dari norma internasional adalah sejumlah dokumen menunjukkan bahwa akuntansi digunakan untuk mengukur kekayaan dan membandingkan pencapaian di kalangan bangswan dan putri=putri pada masa Dinasti Xia (tahun 2000-1500 SM). Alasannya karena pada saat itu akuntansinya berfungsi seperti yang seharusnya, yaitu membuat catatan penerimaan dan pengeluaran setiap harinya dan akuntansi dipandang sebagai bagian dari sejarah.
• Taiwan: prinsip akuntansi yang penting dan berbeda dari norma internasional adalah tentang Hukum Akuntansi Komersial yang diamandemen pada tahun 1987. Alasannya karena hukum tersebut berlaku bagi perusahaan-perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Perusahaan dan Aturan Bisnis, kecuali untuk persekutuan kecil atau perseorangan.
• Meksiko: prinsip akuntansi yang penting dan berbeda dari norma internasional adalah standar akuntansi yang diakui memiliki kewenangan oleh pemerintah, secara khusus oleh Komisi Pasar Modal dan Perbankan Nasional, yang mengatur Bursa Efek Meksiko. Alasannya karena prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, dan diterapkan untuk seluruh badan usaha.

5. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pencatatan saham:
• Return on Asset
• Return on Equity
• Earning per Share
• Book Value Equity per Share
• Debt to Equity Ratio
• Return Saham
• Return Bebas resiko
• Beta Saham
• Return Market

7. Jawaban poin a & b:
• Republik Ceko: Faktor yang paling memengaruhi perkembangan akuntansi adalah ikatan politik dan ekonomi. Alasannya karena dilihat darisistem akuntansinya yang sama dengan prinsip akuntansi di negara-negara Uni Eropa.
• Cina: Faktor yang paling memengaruhi perkembangan akuntansi adalah tingkat sistem hukum. Alasannya karenaHukum Akuntansi yang diamandemen pada tahun 2000 mencakup seluruh perusahaan dan organisasi, termasuk yang tidak dimiliki dan tidak dikendalikan oleh negara.
• Taiwan: Faktor yang paling memengaruhi perkembangan akuntansi adalah tingkat pembangunan ekonomi. Alasannya karena dilihat dari pertumbuhan ekonomi dari mulai sektor pertanian dan industri yang kemudian meluas ke sektor ekspor, dan kemudian industri padat modal yang berteknologi tinggi.
• Meksiko: Faktor yang paling memengaruhi perkembangan akuntansi adalah tingkat pembangunan ekonomi. Alasannya karena Meksiko memiliki secara umum perekonomian pasar bebas yang megalami reformasi dan membantu mengurangi inflasi, meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi, dan memberikan fundamenta ekonomi yang lebih sehat

8. Jawaban poin a & b:
• Republik Ceko: Faktor yang kurang penting dalam memengaruhi perkembangan akuntansi adalah inflasi. Alasannya karena tidak ada keterangan yang menjelaskan inflasi memiliki pengaruh yang signifikan.
• Cina: Faktor yang kurang penting dalam memengaruhi perkembangan akuntansi adalah tingkat pendidikan. Alasannya karena walaupun persentase angka melek huruf di Cina yang paling rendah dibandingkan dengan tiga negara lainnya, namun saat ini Cina mampu membuktikan sebagai negara dengan perekonomian yang kuat.
• Taiwan: Faktor yang kurang penting dalam memengaruhi perkembangan akuntansi adalah inflasi. Alasannya karena negara ini mampu bangkit secara luar biasa dari sektor ekspor pada produk manufaktur.
• Meksiko: Faktor yang kurang penting dalam memengaruhi perkembangan akuntansi adalah Sumber pembiayaan. Alasannya karena banyak perusahaan yang didominasi oleh kontrol keluarga dari pemiliknya.

9. >> Peran pemerintah dalam mengembangkan standar akuntansi dan auditing di Cina : komite standar akuntansi cina bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi yng mencakup pembagian tugas, melakukan penelitian kepada sejumlah gugus tugas, penerbitan draft eksposur dan dengar pendapat umum.
>> Peran pemerintah dalam mengembangkan standar akuntansi dan auditing di Taiwan : ARDF memajukan perkembangan standar akuntansi dan auditing dan membantu perusahaan indusrti dan komersial untuk memperbaiki sistem akuntansinya.
>> Peran pemerintah dalam mengembangkan standar akuntansi dan auditing di Mexico :institute akuntan publik meksiko menerbitkan standar akuntansi dan auditing.Standar akuntansi dikembangkan oleh komisi prinsip akuntansi sedangkan standar auditing merupakan tanggung jawab komisi prosedur dan standar auditing. Proses penetapan standar dikembangkan dengan baik.
>> Peran pemerintah dalam mengembangkan standar akuntansi dan auditing di Republik Ceko : kementerian keuangan bertanggung jawab atas prinsip-prinsip akuntansi. Keputusan kementerian keuangan menetapkan praktik pengukuran dan pengungkapan yang dapat diterima yang harus diikuti oleh perusahaan. Audit dirancang untuk memastikan bahwa akun-akun telah dicatat sesuai dengan aturan dan keputusan yang berlaku dan laporan keuangan menyajikan posisi dan hasil keuangan perusahaan dengan wajar dan benar.

11. Matrik pengaruh penentuan standar akuntansi:
Sector public
Otoritas: 1. pajak 2.Komisi Pasar modal 3.Kementrian bertanggung jawab terhadap hukum potensial
Cina Ya Ya Ya
Cek Ya Ya Ya
Taiwan Ya Ya Ya
Meksiko Ya Ya Ya

12. Perbandingan yang dipilih diantara dua negara, yaitu Cina dan Republik Ceko.
• Likuiditas: rasio berjalan; arus kas dari operasi terhadap kewajiban lancar
-Cina:
-Republik Ceko:
• Solvabilitas: utang terhadap ekuitas; utang terhadap aktiva
-Cina:
-Republik Ceko:
• Profitabilitas: pengembalian atas aktiva; pengembalian atas ekuitas
-Cina:
-Republik Ceko:

0 komentar:

Poskan Komentar